Old Trafford – Stadion Kebangaan Manchester United

Old Trafford adalah stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris setelah Wembley dan saat ini yang terbesar kesembilan di Eropa. Ini adalah kandang Manchester United sejak 1910 dan dirancang oleh arsitek terkenal Archibald Leitch, yang karya ikoniknya masih bisa dilihat di Everton’s Goodison Park dan Rangers ‘Ibrox Stadium.

Manchester United awalnya bermain di North Road dan kemudian Bank Street di dekat Clayton. Namun, kualitas lapangan, belum lagi awan asap dari pabrik-pabrik di dekatnya, terbukti bermasalah dan sangat menganggu. Ketua klub saat itu, John Henry Davies memutuskan bahwa klub membutuhkan lapangan yang cocok untuk tujuan dan, pada 19 Februari 1910, pertandingan pertama di Old Trafford dimainkan melawan rival abadi yaitu Liverpool. Seorang jurnalis di pertandingan itu menggambarkan stadion yang hanya memiliki satu stan tertutup, sebagai stadion paling bagus, paling luas dan paling luar biasa yang pernah dia lihat. Sebagai lapangan sepakbola,stadion itu tak tertandingi di dunia dan ini adalah kehormatan bagi Manchester United untuk menggunakannya.

old trafford


Stadion Old Trafford dengan cepat membuat iri klub sepakbola Inggris lainnya, tuang rumah untuk pertandingan ulangan Final Piala FA tahun 1911, dan final 1915. Sebelas tahun kemudian stadion ini menjadi tuan rumah internasional pertamanya, menggelar pertandingan antara Inggris melawan Skotlandia.
Perubahan masa perang

Ketika Perang Dunia Kedua pecah, Old Trafford diminta oleh Angkatan Darat untuk digunakan sebagai depot, namun sepak bola terus dimainkan di sana. Stadion ini mengalami dua serangan bom yang merusak keutuhan stadion, yang pertama pada tanggal 22 Desember 1940, dan yang kedua pada 11 Maret 1941, yang menghancurkan sebagian besar stadion, termasuk aset hadiah klub; tribun utama di sisi selatan stadion. Akhirnya Manchester United dipaksa untuk memainkan pertandingan kandang mereka di Maine Road, stadion kandang Manchester City.


Biaya sewa yang memberatkan untuk United dan klub mempunyai utang sebesar £ 15.000, namun tekanan sedikit mereda ketika Old Trafford dibuka kembali pada tahun 1949 setelah absennya liga sepak bola hampir sepuluh tahun. Sedikit demi sedikit, pembangunan kembali dimulai. Lampu sorot ditambahkan pada tahun 1959 dan Stand Utara dibangun pada tahun 1965, yang berisi zona kotak pribadi pertama di sebuah lapangan sepakbola Inggris.


Dengan munculnya hooliganisme di Inggris pada awal 1970-an, Manchester United menjadi klub pertama yang mendirikan pagar perimeter untuk mencegah penonton memasuki lapangan permainan. Namun, mengikuti Laporan Taylor 1990, yang datang setelah bencana Hillsborough dan merekomendasikan bahwa semua pangkalan penerbangan di Inggris dikonversi ke stadion dengan semua tempat duduk, lebih banyak pekerjaan dibutuhkan dan dalam 80 tahun kapasitas Old Trafford telah turun dari 80.000 menjadi 44.000.


Dominasi Manchester United pada tahun-tahun awal Liga Premier menyebabkan lonjakan popularitas yang mengharuskan pembangunan kembali stadion lebih lanjut. Old Trafford menyelenggarakan tiga pertandingan grup, perempat final dan semi-final di UEFA EURO 96 di depan Stand Utara tiga-tier yang baru. Dengan perbaikan lebih lanjut ke Timur dan Barat, kapasitas Old Trafford telah meningkat menjadi 68.217 pada saat itu menjadi tuan rumah final Eropa pertama pada tahun 2003, Liga Champions UEFA All-Italia antara AC Milan dan Juventus.


Old Trafford merayakan ulang tahun keseratus pada tanggal 19 Februari 2010 dan pada bulan November 2011, Stand Utara berganti nama menjadi Sir Alex Ferguson Stand untuk menghormati 25 tahun sebagai manajer Manchester United. Ada banyak cerita untuk sejarah di Old Trafford. Terowongan tua, satu-satunya bagian yang tersisa dari stadion asli, telah berganti nama menjadi terowongan Munich, sebagai peringatan 50 tahun bencana udara Munich 1958. Ada juga plakat yang didedikasikan untuk para korban bencana Munich di ujung Selatan Stand Timur, sementara klub-klub terkenal di Munich juga diberi tempat yang menonjol.


Ada tiga patung di luar Old Trafford, yang pertama dari Sir Matt Busby yang kedua adalah patung George Best, Dennis Law dan Bobby Charlton berjudul ‘the United Trinity’, sedangkan yang paling baru adalah patung sembilan kaki Sir Alex Ferguson yang dipasang pada 23 November 2012.


Sama seperti Manchester United tidak suka berpuas diri di lapangan, ada rencana untuk meningkatkan kapasitas Old Trafford lebih besar lagi, dengan pembangunan kembali Stand Selatan satu tingkat kemungkinan akan terjadi di masa depan dengan total kapasitas naik sekitar 95.000.